ACEH TIMUR, Achehnese.com — Muhammad Arinal Haki (11) adalah seorang bocah putera dari almarhum Jalalah mantan Panglima Sago Julok, setelah ayahnya meninggal semasa ia masih 7 bulan dalam kandungan, kini Arinal Haki menjadi yatim sampai sekarang ia sudah berumur 11 tahun.

Arinal Haki mengalami sakit terkelupas seluruh bagian kulit, entah apa penyebab dasarnya cuma bintilan dikepala yang lama kelamaan menjalar ke seluruh tubuh sehingga membuat kulitnya terkelupas. cerita Junidar (34) yang merupakan ibu dari anak tersebut.

Hari-hari M. Arinal Haki cuma menjalani pengobatan tradisional dengan cara sederhana memakai ramuan-ramuan kampung dan ada juga dengan cara membeli obat di apotik namun tak kunjung juga membaik, Junidar melanjutkan, pernah saya bawa ke puskesmas dua kali dan saran dokter supaya dirujuk ke rumah sakit, kalau kerumah sakit kami tidak ada biaya pak karena jarak tempuh yang terlalu jauh tentu membutuhkan banyak biaya, kehidupan sehari-hari kami hanya cukup buat makan belum lagi kalau anak saya ke rumah sakit siapa yang mencari rezeki, kata ibundanya tersebut.

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur tidak tinggal diam mengenai permasalahan masyarakat yang mengalami hal semacam ini.

Senin, 08/06/2020 melalui Dinas Sosial bergegas langsung menuju lokasi besama Baitul Mal Aceh Timur serta Muspika, Puskesmas, TKSK, Pdp. PKH Julok beserta perangkat desa.

Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Ir. Elfiandi, S.P1 melalui kabidnya Iskandar menjelaskan, sudah kita lihat langsung Arinal Haki yang mengalami sakit yang cukup parah, saya rasa dengan pengobatan alternatif yang sedang ditempuh dengan cara yang sangat sederhana ini tidak memadai, anak ini harus diperiksa oleh dokter ahli dalam menangani penyakit ini, dan ini harus segera sebelum semakin bertambah parah. Kata Iskandar.

Iskandar memberi semangat kepada keluarga tersebut untuk terus berusaha dan jangan putus asa mengenai biaya pendampingan selama menjalani pengobatan, karena upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat khusunya masyarakat yang tergolong miskin yang mengalami sakit akan dibantu.

Akan kita fasilitasi untuk permohonan biaya pendampingan pengobatan kepada bapak Bupati. tutup Iskandar. (Yahdin)

By Yahdin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *