achehnese.com – Banda Aceh – Ketua Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh (PA), Muzakir Manaf atau Mualem, menjumpai Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.  

Dalam pertemuan itu, Mualem yang juga Koordinator Koalisi Aceh Bermartabat (KAB) didampingi Senator Aceh, Fachrul Razi. 

Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja Menhub, Senin (29/6/2020).

Dalam pertemuan ini, Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Laut  Ir R Agus H Purnomo dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Drs Budi Setiyadi, SH MSi.

Mualem melakukan kunjungan ke Jakarta dan bertemu sejumlah pejabat  dalam rangka membantu memulangkan masyarakat Aceh yang selama ini bekerja di Malaysia.

Pemulangan ini harus dilakukan untuk menyelamatkan mereka dari dampak Covid-19 di negeri jiran itu. 

“Pertemuan dengan Menteri Perhubungan untuk mencari solusi bagaimana bisa memulangkan masyarakat Aceh di Malaysia ke Aceh.

Ini sebagai imbas dari pandemic Covid-19,” kata Fachrul Razi tentang maksud kedatangan Mualem bertemu Menhub dan lain-lain itu.

Pertemuan ini difasilitasi Fachrul Razi, yang juga Wakil Ketua I Komite I DPD RI.

Kepada Menhub Budi Karya, Mualem menyampaikan agar mendapat fasilitas kapal laut untuk mengangkuat warga Aceh yang bekerja di Malaysia tersebut.

Menurut Mualem, warga Aceh di Malaysia minta agar dipulang sebab keadaan yang semakin sulit di negeri itu akibat Covid 19.

Sekembalinya warga Aceh dari Malaysia, kata Mualem, mereka akan ditampung di sejumlah daerah dan hal ini sudah dikooridnasikan dengan pimpinan daerah di Aceh.  

“Kami sudah berkoordinasi dengan setiap kepala daerah untuk menampung para pekerja asal Aceh di Malaysia itu, jika  tiba di Aceh untuk kembali ke kampung halaman masing-masing.

Pemerintah daerah sudah siap menerima mereka baik melalui Pelabuhan Krueng Geukueh di Aceh  Utara atau Pelabuhan Kuala Langsa,” ujar Mualem seperti ditirukan Fachrul Razi.

Keprihatinan Mualem kepada masyarakat Aceh di Malaysia, karena keadaan pandemi Covid-19 yang menyebabkan keadaan mereka yang semakin hari semakin membutuhkan pertolongan.

“Sebab, hingga kini, mereka belum punya cara dan tak ada solusi untuk pulang ke Aceh. Padahal, mereka ingin sekali pulang dan berkumpul bersama keluarga,” jelas Mualem.

Sebelumnya  Mualem telah menyampaikan  usulan mengembalikan warga Aceh di Malaysia kepada Pemerintah Aceh dan DPR Aceh.

“Keberangkatan Mualem ke Jakarta dengan sejumlah agenda pertemuan dengan beberapa pihak diharapkan dapat mempercepat proses pemulangan ribuan saudara kita di Malaysia, dan ini adalah langkah cepat Mualem berupaya secara maksimal,” tutup Fachrul Razi.

Tapi Fachrul Razi tidak menjelaskan, pejabat Pusat mana ;agi yang ditemui Mualem selema di Jakarta selain Menhub Budi Karya Sumadi. (Redaksi)

Sumber: aceh.tribunnews.com

By Haris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *